Hal yang Terjadi pada Organ Tubuh Manusia Jika Sedang Tidur

Apabila seseorang tidur, tubuhnya akan melemah, meskipun tidak akan pernah tubuhnya benar-benar bekerja. Nafas dan detak jantungnya akan melemah sebab tubuhnya hanya butuh sedikit oksigen dan energi bila seseorang sedang tidur. Ototnya akan mengendur, sistem pencernaannya melemah dan ginjalnya membuat sedikit air seni sehingga tidak perlu terjaga untuk pergi kemar kecil.
Bahkan bila manusia tidur, tubuhnya tidak berhenti bergerak. Pergantian posisi tidur di tempat tidur kira-kira tiga puluh kali dalam semalam. Otanya manusia juga mengubah jumlah kegiatannya. Ini menjaga perubahan dari tidur lelap ke tidur yang tidak lelap. masing-masing perputaran dari lelap ke belum lelap berakhir kira-kira satu setengah jam dan diulangi beberapa kali setiap malam.
Jika seseorang tidak bisa tidur, ada beberapa macam cara untuk membantu supaya rileks. Cobalah membayangkan menghitung benda atau yang lainnya, mulailh 1, 2, 3, 4, 5, . . . . Akhirnya akan tertidur lelap tetapi otaknya tetap terjaga-jaga untuk tanda-tanda bahaya atau suara pada malam hari. Bila perlu dapat terbangun dengan cepat.

No comments: