Buku Panduan Penilaian Penguatan Pendidikan Karakter ( PPK )

Panduan Penilaian Keberhasilan Penguatan Pendidikan Karakter ( PPK ) merupakan sebuah instrumen untuk menilai keberhasilan program Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah. Panduan penilaian ini merupakan pedoman umum yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai alat untuk membantu sekolah mengevaluasi program dan kegiatan PPK. Sebagai pedoman umum, indikator-indikator dalam panduan penilaian memberikan gambaran umum tentang apa yang perlu dinilai. Sekolah diharapkan dapat menyusun pedoman penilaian tersendiri yang lebih kaya dengan indikator lebih khusus sesuai dengan kebutuhan khas sekolah.
Ciri utama praksis pendidikan karakter adalah adanya otonomi moral yang didukung oleh motivasi internal individu dalam melaksanakan nilai-nilai moral. Otonomi moral dalam proses penilaian PPK yang dimaksud adalah bahwa sekolah menilai diri sendiri sejauh mana keberhasilan program PPK yang telah mereka lakukan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan pendidikan (guru, siswa, orang tua, dan komite sekolah).
Penilaian keberhasilan PPK dilakukan secara internal yang melibatkan pemangku kepentingan (kepala sekolah, guru, wali murid, dan komite sekolah) dan secara eksternal dapat dilakukan oleh pihakpihak dari luar sekolah yang memiliki kepentingan bersama untuk menyukseskan pelaksanaan Gerakan PPK di sekolah, misalnya tim penilai dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayan, Dinas Pendidikan, dan pengawas.
Download Panduan Penilaian PPK Gratis Disini

No comments: