Pengertian Media

Kata "Media" berasal dari kata latin, merupakan bentuk jamak dari kata "medium". Secara harfiah kata tersebut digunakan, baik untuk bentuk jamak maupun mufrad. Kemudian telah banyak pakar dan juga organisasi yang memberikan batasan mengenai pengertian media (Rudi Susilana, dkk (2017: 5). Beberapa diantaranya mengemukakan bahwa media adalahh sebagai berrikut:
  1. Teknlogi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. adi media adalah perluasan dari guru (Schram, 1992 dalam Rudi Susilana, dkk, 2017:5)
  2. (National Education Asociation NEA dan Rudi Susilana, dkk, 2017:5) memberikan batasan bahhwa media merupakan sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual, termasuk teknologi perangkat kerasnya.
  3. (Briggs dalam Rudi Susilana, dkk, 2017:5) berpendapat bahwa media merupakan alat untuk memberikan perangsang bagi siswa supaya terjadi proses belajar.
Menurut (Heinich dalam Rudi Susilana, dkk, 2017:6) media merupakan alat saluran komunikasi.


Daftar Pustaka
Rudi Susilana, dkk, (2017). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian, Cetakan ke-4, Bandung: CV. Wacana Prima.


No comments: