Faktor yang Mempengaruhi Efektifitas Komunikasi

(Ishak 1995:3 dalam Rudi Susilana, dkk 2017:3) faktor yang dapat mempengaruhi efektifitas sebuah komunikasi, baik faktor yang terjaddi pada pengirim maupun pada penerima pesan, menjelaskan di antaranya:
  1. Kemampuan berkomunikasi penyampai pesan seperti kemampuan bertutur dan berbahasa dan kemampuan menulis. Sedangkan faktor dari penerima pesan diantaranya kemampuan menerima dan menangkap pesan seperti mendengar, melihat, dan menginterpretasikan pesan.
  2. Sikap dan pandangan penyampai pesan kepada penenrima pesan dan sebaliknya. Misalnya, rasa benci, pandangan negatif, prasangka, merendahkan satu diantara kedua belah pihak, sehingga akan menimbulkan kurangnya respnterhadap isi pesan yang disampaikan.
  3. Tingkat pengetahuan baik penerima pesan. Sumber pesan yang kurang memahami informasi yang ingin dicapai akan mempengaruhi gaya dan sikap dalam proses penyampaian pesan. Sebalinya, penerima pesan yang kurang mempunyai pengetahuan dan pengalaman terhaddap informasi yang disampaikan tidak akan mampu mencerna informasi dengan baik.
  4. Latar belakang sosial budaya dan ekonomi penyampai pesan serta penerima pesan. Ketanggapan penerima pesan dalam merespon informasi tergantung dari siapa dan siapa pesan itu dismpaiakan.
Daftar Pustaka:
Rudi Susilana, dkk. (2017) Media Pembelajaran. Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian, Cetakan Ke-4, Bandung: CV. Wacana Prima.

Foto halaman buku

No comments: