Contoh Proposal Bantuan Pemerintah bagi KKG/MGMP/MKKS

Pemerintah dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan menyampaikan kepada pengurus KKG/MGMP/MKKS dengan Nomor Surat 01554/B/GT/2017 tanggal 13 Januari 2017 untuk mengirimkan Proposal Bantuan Pemerintah dengan Program yang diusulkan diutamakan terkait dengan :
  1. Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penulisan Soal Tes Essay dan Pilihan Ganda untuk menghasilkan paket soal USBN 2017.
  2. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).
Adapun syarat untuk penyusunan proposal adalah sebagai berikut:
  1. Mempunyai struktus organisasi kepengurusan yang disahkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten
  2. Aktif melaksanakan kegiatan setidaknya 1 (satu) tahun terakhir, yang dibuktikan dengan adanya laporan pertemuan secara berkala dan bukti fisik hasil pelaksanaan kegiatan
  3. Mempunyai rekening dan NPWP yang masih aktif pada bank pemerintah atas nama KKG/MGMP/MKKS (bukan atas nama pribadi) atau rekening dan NPWP sekolah yang dijadikan sekolah inti KKG/MGMP/MKKS tersebut.
Sistematika Penulisan Proposal Bantuan Pemerintah bagi KKG/MGMP/MKKS:
  1. Halaman Judul, Memuat judul profil, nama ketua KKG/MGMP/MKKS, nama KKG/MGMP/MKKS, alamat KKG/MGMP/MKKS, nomor telepon ketua KKG/MGMP/MKKS, e-mail ketua KKG/MGMP/MKKS, lokasi kabupaten dan provinsi serta tahun pengajuan.
  2. Halaman Pengesahan, Halaman pengesahan ditandatangani oleh Ketua KKG/MGMP/MKKS.
  3. Daftar Isi, Memuat judul/sub judul isi profil
  4. BAB I. Pendahuluan, Memuat latar belakang yang berisi tentang komitmen KKG/MGMP/MKKS terhadap peningkatan mutu guru/kepala sekolah, tujuan program yang akan dibiayai, manfaat, sasaran, dan hasil yang diharapkan yaitu dihasilkannya paket soal USBN 2017 dan penguatan pendidikan karakter di sekolah.
  5. BAB II. Diskripsi Singkat Program yang Telah Dilaksanakan, Memuat uraian tentang kegiatan yang telah dilaksanakan di KKG/MGMP/MKKS terutama tentang penyusunan soal dan pendidikan karakter.
  6. BAB III. Rencana kegiatan yang Diusulkan,  Memuat 5 W + 2 H (what, where, when, why, who, how to, and how much), yaitu :1. What : menjelaskan nama kegiatan/pelatihan, 2. Where : menjelaskan tempat pelaksanaan kegiatan, 3. When : menjelaskan waktu pelaksanaan, 4. Who : menjelaskan peserta, narasumber, fasilitator, instruktur yang terlibat, 5. Why : menjelaskan mengapa kegiatan tersebut dilaksanakan, 6. How to : menjelaskan strategi dan metode pelaksanaan program, 7. How much : menjelaskan biaya yang dibutuhkan. Secara ringkas isi rencana kegiatan adalah nama kegiatan, strategi dan metode pelaksanaan program, materi kegiatan, narasumber/instruktur guru inti, waktu/jadwal pelaksanaan, tempat pelaksanaan, biaya, metode pemantauan dan evaluasi program, serta system pelaporan dari kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2017. Program yang diusulkan diutamakan terkait dengan : Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penulisan Soal Tes Essay dan Pilihan Ganda untuk menghasilkan paket soal USBN 2017 dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).
  7. BAB IV. Penutup, Kesimpulan kegiatan yang akan dilaksanakan secara singkat dan harapan diterimanya usulan dana bantuan pemerintah.

  • Lampiran - Lampiran, Tabel ringkasan Rencana Kegiatan KKG/MGMP/MKKS (nama kegiatan, strategi, dan metode pelaksanaan program, materi kegiatan, narasumber/instruktur guru inti, waktu/jadwal pelaksanaan, tempat pelaksanaan, biaya), ditandatangani oleh Ketua KKG/MGMP/MKKS sesuai peruntukannya
  • Susunan pengurus dan data anggota KKG/MGMP/MKKS sesuai format yang telah ditentukan.
  • Fotokopi buku tabungan dengan rekening yang masih aktif pada bank pemerintah atas nama KKG/MGMP/MKKS (bukan atas nama pribadi) atau rekening sekolah yang dijadikan sekolah inti KKG/MGMP/MKKS, dengan memiliki saldo minimal Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) atau sesuai dengan aturan bank masing-masing.
  • Fotokopi NPWP yang masih aktif atas nama KKG/MGMP/MKKS (bukan atas nama pribadi) sesuai dengan peruntukannya atau fotokopi NPWP atas nama sekolah yang dijadikan sekolah inti KKG/MGMP/MKKS.
  • Rekap pelaksanaan kegiatan yang pernah dilaksanakan dalam 1 (satu) tahun terakhir.
  • Fotokopi KTP/SIM dari Ketua, Sekretaris, dan Bendahara.

No comments: