Peta Pertama di Dunia

Bagaimana orang zaman dahulu bisa menemukan tempat? Asal mula peta pertama kali di buat bangsa Romawi yang terkenal sebagai pembuat jaringan jalan yang hebat. Mereka juga membuat peta. Pada abad ke-4, peta Romawi menunjukkan jalan, informasi jarak, dan tempat yang bisa dikunjungi.
Oleh karen itu peta itu merupakan petunjuk perjalanan pertama. 
Ratusan tahun yang lalu, penduduk di Samudra Pasifik membuat suatu chart dari serat palem. Kerangka serat palem ini menggambarkan pola arus dan gelombang. Letak pulau ditandai dengan kerang. Untuk membaca peta kuno ini tidak mudah mudah. Setiap kerang dan serat palem memiliki arti.
Peta dan Penjelajah
Saat ini, ada banyak informasi yang bisa membantu kita membuat peta, termasuk foto satelit. Dengan demikoan, kita bisa tahu pasti seperti apa dunia ini. Pada zaman dahulu, teknik pembuatan peta sangat berbeda. Ketika pembuat peta pergi perpetualang, mereka hanya memiliki gambaran kasar tentang suatu garis pantai dan kenampakan lain, lalu menambahkan informasi itu ke dalam peta.
Para penjelajah menggunakan sekstan dan kompas sebagai pemandu saat menyebrangi lautan. sebagai contoh, dengan mengukur kemiringan matahari menggunakan sekstan, seorang penjelajah bisa mengetahui posisinya di dalam peta samudra.
Semoga bermnfaat!
Gambar Peta Dunia Buatan  Tahun 1570

No comments: