Cara Kerja Motor Listrik Alat Peraga Bagi Guru SD

Untuk memperlihatkan cara kerja motor listrik perhatikan gambar di bawah ini
 
Gambar 1.1

Keterangan:
  1. Landasan
  2. Magnet
  3. Kumparan kawat
  4. Penyangga
  5. Terminal
1. Cara kerja
Rangkaian motor listrik dihubungkan dengan batu batere seperti gambar 1.1. Arus listrik mengalir melalui kawat penyangga ( yang terbuat dari klip penjepit kertas ) masuk ke kaki kumparan ( yang terbuat dari kawat tembaga yang sudah diampelas ). Arus listrik kemudian masuk ke dalam kumparan. Karena kumparan dialiri arus listrik dan berada di dalam medan magnet, timbulah gaya pada kumparan itu,ang disebut gaya Lorentz, yang memutar kumparan tersebut.
Pada awalnya, agar kumparan motor listrik dapat berputar, harus dibantu diputar dahulu. Hal ini dikarenakan model motor listrik yang digunakan disini adalah model motor listrik untuk arus bolak balik, sedangkan batu baterai hanya memberi arus listrik searah.
2. Komponen-komponen
a. Landasan
Landasan dapat dibuat dari papan kayu, triplek atau dapat juga dari stirofoam. Jika terbuat dari stirofoam tidak perlu menggunakan paku, cukup dengan sepotong kawat yang cukup keras, misalnya kawat dari klip kertas, yang dilengkungkan (lihat bagian penyangga). Ukuran panjang x lebar landasan kurang lebih 12 x 8 cm.
b. Penyangga
Penyangga dapat terbuat dari klip, klip disini berfungsi sebagai penyangga dan tempat jalan masuk/keluar arus listrik. Jika landasan ini dibuat dari stirofoam dapat dibuat seperti gambar berikut.
c. Kumparan
Kumparan dibuat dari kawat tembaga berlapis email yang diameternya kira-kira 0,5 mm. Diameter kumparan (gulungan kawat) kira-kira 1,5 cm, dengan jumlah gulungan kira-kira 5 gulungan. Kedua ujung kaki kumparan diampelas, agar kaki-kaki inin pada saat bersentuhan dengan kawat penyangga dapat dialiri arus listrik.
d. Magnet
Magnet yang diperlukan untuk motor listrik ini satu buah (dapat juga digunakan dua buah). Jika menggunakan dua magnet, kedua magnet itu dipasang berhadapan mengapir kumparan. Kutub-kutub magnet yang berhadapan harus berbeda jenis kutubnya.
3.Cara merakit
  1. Siapkan papan landasan
  2. Tancapkan paku penyangga pada papan  dua buah
  3. Ambil dua potong kawat tembaga berlapis email yang panjangnya kira-kira 15 cm ampelas kedua ujung masing-masing kawat itu sehingga lapisan emailnya hilang. Lalu pasangkan masing-masing kawat itu pada paku-paku penyangga.
4. Buat kumparan dari kawat tembaga berlapis email yang panjangnya kira-kira 30 cm. Kemudian ampelaslah kedua kaki kumparan itu sehingga lapisan emailnya hilang.
5. Pasangkan kumparan pada kawat penyangga
6. Pasang dua magnet secara berhadapan mengapit kumparan tersebut. Motor listrik siap digunakan.
Motor listrik dengan landasan karet penghapus

No comments: