Program yang Harus Diikuti Guru Pembelajar dan Penjelasan Pertanyaan Tentang GPO

Guru Pembelajar Online atau disingkat GPO adalah salah satu moda pada program Guru Pembelajar yang dilakukan secara daring berbasis web yang dapat diikuti oleh  Guru yang memenuhi kriteria. Fasilitator/pengampu untuk program ini adalah widyaiswara atau instruktur yang ditunjuk oleh instansi pelaksana yang bertugas sebagai fasilitator di dalam pembelajaran online.
Pembelajaran Guru Pembelajar Moda Daring menggunakan pendekatan konstruktivisme, yang akan disajikan materi dalam bentuk sesi yang dipandu oleh pengampu. Pada setiap sesi akan secara aktif membangun sendiri konsep supervisi akademik, melalui kegiatan membaca bahan bacaan, mengembangkan ide-ide atau gagasan, diajak berpikir lebih dalam, mengimplementasikan dalam pekerjaan sehari-hari sebagai kepala sekolah (yang akan didampingi pengawas), berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan sesama kepala sekolah/madrasah, serta menuangkan penyelesaiannya dalam lembar kerja dan laporan yang otentik serta terkumpul secara bertahap sampai akhir pembelajaran.
Yang diperlukan untuk masuk (login) ke dalam sistem Guru Pembelajar Moda
Daring adalah:
  1. Personal computer (PC)/Laptop/HP/Tablet 
  2. Koneksi internet 
  3. Memiliki password untuk masuk ke sistem Guru Pembelajar Moda Daring.
Jika tidak dapat login menggunakan akun yang telah dibuat pastikan username dan password yang dimasukkan sudah benar. Jika langkah pertama sudah dilakukan tetapi tetap gagal, coba cek koneksi internet.
Yang harus dilakukan ketika Anda lupa username atau password segera hubungi operator dinas. Selain itu yang dapat dihubungi apabila menghadapi masalah yang berkaitan dengan akademik adalah Fasilitator/mentor. Apabila menghadapi masalah teknis segera hubungi Administrator.
Bagaimana dengan peran pengampu? Peran pengampu hanya sebatas memfasilitasi peserta dalam proses akademis, seperti penyampaian bahan pembelajaran dan penugasan-penugasan, Aktif di dalam forum formal untuk mendukung dan memfasilitasi peserta berdiskusi mengenai bahasan di dalam setiap sesi, dan memberikan komentar dan umpan balik terhadap hasil/tagihan yang diunggah oleh peserta di dalam e-portofolio. Jika anda tidak sependapat dengan komentar peserta yang lain Anda dapat mengomentari pendapat peserta tersebut dengan memberikan alasan yang logis dan dapat dipertanggungjawabkan serta memperhatikan etika dalam berdiskusi.
Setelah akhir program ada tes, yaitu Post Test. Jika Anda tidak setuju dengan isi sesi Anda dapat mengemukakannya pada forum umum. Begitu juga jika ada pertanyaan dalam kegiatan pembelajaran yang kurang tepat Anda menemukan pertanyaan yang kurang sesuai, diskusikan dengan fasilitator atau pengawas di forum umum.
Apabila Anda mengalami kendala dalam mengakses Sistem Guru Pembelajar Moda Daring selama beberapa hari yang harus Anda lakukan adalah memastikan Anda terhubung dengan internet, Hubungi help desk untuk konfirmasi aksesibilitas situs Guru Pembelajar Moda Daring. Apabila Anda mengalami kendala dalam mengikuti kegiatan sesi selama beberapa hari, apa yang harus Anda lakukan adalah melanjutkan kegiatan, membaca forum diskusi sesi dan forum umum sehingga tidak tertinggal dari yang lain. Untuk menyimpan file-file tagihan yang akan dibagikan keada orang lain dapat menggunakan tools moodle E-portfolio.
Penjelasan Modul Guru Pembelajar :
  1. Guru dengan 8 sampai 10 modul merah harus mengikuti Program Guru Pembelajar moda Tatap Muka 
  2. Guru dengan 6 sampai 7 modul merah harus mengikuti Program Guru Pembelajar moda Kombinasi ( Tatap Muka yang Dikombinasikan Daring/Online ) 
  3. Guru dengan 3 sampai 5 modul merah harus mengikuti Program Guru Pemelajar moda Daring/Online
  4.  Guru dengan modul 0 sampai 2 modul merah akan difasilitasi menjadi Instruktur Nasional dalam Program Guru Pembelajar. Walaupun menjadi instruktur/mentor guru dengan 1 atau 2 modul merah tetap mengikuti diklat moda daring (online) agar semua mencapai Kriteria Capaian Minimal (KCM).

No comments: