Praktikum IPA Kelas Empat Pembuktian Keberadaan Udara

Keberadaan Udara ~ Udara dan asap merupakan benda yang tergolong benda gas. Berbeda dengan benda padat dan cair, gas sulit diamati. Hanya gas-gas tertentu yang dapat dilihat. Misalnya, asap pembakaran dan asap knalpot kendaraan. Hati-hati jangan sampai kamu mengisapnya karena gas itu mengandung zat berbahaya.
Udara merupakan gas yang tidak dapat dilihat. Akan tetapi, kita dapat merasakan keberadaannya. Karena ada aliran udara, pohon-pohon kecil terlihat bergerak-gerak. Untuk lebih mengenal sifat-sifat benda gas, lakukan kegiatan berikut.

Alat dan bahan

  • air 
  • gelas bening 
  • bejana atau wadah yang bening
Langkah kerja
  1. Masukkan air ke dalam bejana. 
  2. Masukkan gelas ke dalam air dalam bejana. Gelas dimasukkan dalam posisi tertelungkup dan tegak. Perhatikan isi gelas.
Kesimpulan dari pembuktian di atas sebagai berikut:

Kamu dapat mengetahui bahwa bagian dalam gelas tetap kosong. Air tidak dapat masuk karena di dalam ada benda lain. Benda lain tersebut adalah udara. Udara tidak dapat terlihat, tetapi ada dan dapat dirasakan. Bukti lainnya ialah ketika kamu berada di depan kipas angin yang sedang dinyalakan. Aliran udara terasa sejuk menerpa, tetapi tidak terlihat. Seperti halnya air, udara juga tidak berbentuk tetap. Udara atau benda gas bentuknya mengikuti wadahnya. Seperti dalam percobaan yang tadi kamu kerjakan, bentuk gas menyerupai gelas. Jika yang digunakan adalah stoples, bentuk gas akan seperti stoples.

No comments: