Membuat Boneka Gurita Lucu dari Benang Wol

Boneka Gurita. Boneka adalah mainan yang digemari anak-anak di seluruh dunia, terutama anak perempuan. Pada dasarnya, boneka adalah mainan yang berbentuk tiruan manusia atau hewan. Bentuknya seperti putri, bayi, beruang, kelinci, kucing, ikan , dan lain sebagainya.
Boneka-boneka ini biasanya dimainkan anak-anak secara langsung begitu saja tanpa alat lain. Tapi, boneka ada juga yang dimainkan dengan bantuan tongkat, digantung pada tali-tali, atau dimasukkan ke dalam tangan, Ini biasanya dilakukan pada pertunjukan boneka. Selain itu seiring perkembangan jaman boneka juga digunakan untuk pajangan dan sebagai teman tidur pengganti guling.
Bahan untuk membuat boneka banyak macamnya. Ada juga boneka terbuat dari kain, plastik, kayu, jerami, ranting pohon, juga keramik. Berikut selengkapnya cara membuat Boneka Gurita dari benang wol dengan mudah untuk diajarkan kepada siswa kelas 6. Selamat mencoba.
Alat dan bahan:
  •  Gunting
  • Jarum jahit kasur
  • Benang wol warna-warna
  •  Bola tenis
  1.  Potonglah benang wol dengan panjang 25 cm sebayak sedikitnya 40 helai. 
  2.  lIkatlah salah satu ujungnya dengan benang yang lain.
     
  3.  Memasukkan bola untuk membuat kepala, rapikan benang-benang wol agar menutup bola denga rata. Ikan bagian bawah.
  4. Anyam benang wol lain pada benang di bagian kepala. Gunakan jarum untuk membantu. anyamlah yang rapat dan rapi agar kepala terlihat penuh. Bagian ini memang agak rumit sehingga diperlukan kesabaran dan ketelitian.
  5. Jahitlah benang warna lain membentuk mata, hidung, dan mulunya.
  6. Sisa benang dibagi 8 untuk membuat tangan-tangan gurita
  7. Kepang atau jalinlah masing-masing bagian lalu ikat ujungnya

No comments: