Menentukan persamaan/perbedaan isi teks

21. Menentukan persamaan/perbedaan isi teks
Perhatikan teks berikut!
Teks I
Presiden SBY Menetapkan tanggal 20 Oktober sebagai hari Batik. Penetapan hari batik dilakukan setelah UNESCO menyerahkan sertifikat kepada Indonesia. Penetapan hari batik dihadiri menteri komunikasi dan informatika, mantan menteri kebudayaan dan pariwisata, ketua DPR dan lain-lain. Sebelumnya, UNESCO menyetujui batik sebagai warisan budaya dunia tak benda asal Indonesia, setelah pemerintah Indonesia mendaftarkan batik.

Teks II
Presiden SBY menetapkan tanggal  2 Oktober sebagai hari Batik. Penetapan ini dilakukan dalam acara perayaan ditetapkannya batik sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO di pendapa kediamannya di Puri Cikeas, Juat, 2 Oktober 2009. Peraturan Presiden untuk menetapkan hal itu akan dikeluarkan kemudian. Langkah itu di ambil sebagai bentuk rasa cinta kepada batik sebagai warisan budaya Indonesia yang diakui. Kedepan Presiden mengajak seluruh komponen bangsa untuk menjaga warisan budaya dan tekun untuk mendaftarkan budaya lainnya ke UNESCO. Indonesia kini telah menyumbang tiga warisan budayanya sebagai milik dunia, yaitu keris, wayang dan batik.

21. Persamaan kedua teks tersebut adalah . . . .
     A. UNESCO menetapkan batik sebagai warisan Indonesia non benda
     B. Indonesia telah mendaftarkan warisan budaya ke UNESCO untuk mendapat pengakuan
     C. Presiden menetapakan tanggal 2 Oktober sebagai hari Batik.
     D. Presiden mengimbau masyarakat Indonesia menggunakan batik.
Perhatikan teks berikut!
Teks 1 Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. Itulah yang disampaikan Camat Widang, Dwijono.  
Teks 2 Minggu dini hari tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Akibat peristiwa itu dua orang meninggal dan pantura Jawa Timur banjir. Sejauh ini telah diusahakan penanggulannya, tetapi belum berhasil. Pihak kepolisian setempat mengimbau agar pengguna jalan pantura berhati-hati.
21. Perbedaan kedua teks di atas adalah . . . .
     A. Banjir yang melanda Desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban Jawa Timur.
     B. Akibat banjir dua orang meninggal.
     C. Penyebab banjir di Desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban Jawa Timur.
     D. Waktu terjadinya banjir di Desa Tegalsari, Kecamatan widang, Tuban Jawa Timur. 
Soal selanjutnya . . . . 
Baca juga kisi-kisi dan soal US SD/MI tahun 2016 

No comments: