Aplikasi untuk Analisis Soal Penilaian Harian, Perbaikan Pengayaan, Program Evaluasi Kurikulum 2013 sesuai Revisi Terbaru

Penilaian Harian (PH) dilaksanakan setelah menyelesaikan pembelajaran satu sub-tema. Dalam pelaksanaannya penilaian harian dapat berbentuk tes tulis, lisan, atau penugasan sesuai dengan kebutuhan guru. Fungsi penilaian harian yaitu untuk perbaikan pembelajaran dan juga sebagai salah satu bahan pengisian Rapor Peserta Didik. Penilaian harian yang dilaksanakan secara tertulis sekurang-kurangnya satu kali untuk satu tema. Nilai pengetahuan yang diperoleh dari penilaian harian ditulis NPH, penulisannya menggunakan angka pada rentangan 0-10 
Penilaian oleh guru digunakan untuk mengetahui pencapaian kompetensi peserta didik sebagai dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran dan bahan penyusunan rapor peserta didik. Hasil penilaian harian (proses) dianalisis untuk mengetahui perkembangan capaian kompetensi peserta didikdan digunakan untuk menentukan tindakan yang perlu dilakukan pada peserta didik (program remedial atau program pengayaan).
Hasil penilaian oleh guru meliputi pencapaian kompetensi peserta didik pada aspek sikap (sikap spiritual dan sikap sosial), pengetahuan, dan keterampilan dilaporkan secara terpisah karena karakternya berbeda. Hasil pencapaian aspek sikap dalam bentuk deskripsi sedangkan pencapaian pengetahuan dan keterampilan dalam bentuk predikat dan deskripsi. Laporan sikap berupa deskripsi sebagai hasil observasi oleh guru. Hasil penilaian pencapaian pengetahuan dan keterampilan dilaporkan dalam bentuk angka deskripsi. 
Tindak lanjut dari penilaian Harian diantaranya adalah Analisis.  Hasil analisis penilaian pengetahuan dan keterampilan berupa informasi tentang peserta didik yang telah mencapai Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) dan peserta didik yang belum mencapai KKM. Bagi peserta didik yang belum mencapai KBM perlu ditindaklanjuti dengan remedial, sedangkan bagi peserta didik yang telah mencapai KBM diberikan pengayaan.
Aplikasi ini dilengkapi dengan Progam Penilaian Harian, Kisi-kisi Penulisan soal, Rekap Nilai, Buku Pelaksanaan Perbaikan/Pengayaan, dan soal . Untuk lebih jelasnya silahkan baca petunjuknya dahulu dengan mendownload via link dibawah ini.
Aplikasi Analisis Kelas Rendah| Download Mudah
Aplikasi Analisis Kelas Tinggi   Download Mudah

No comments: