Menentukan kesimpulan cerita

33. Menentukan kesimpulan cerita
Perhatikan kutipan cerita tersebut!

Suatu hari, ulat bulu merayap masuk ke dalam lubang sarang kelinci yang sedang pergi. Saat kelinci pulang ke sarangnya, ia kaget melihat jejak panjang mengarah ke sarangnya.
“Siapa di dalam sarangku?” teriak kelinci.
“Ini aku. Aku yang bisa menjatuhkan badak dan menghancurkan gajah,” kata ulat bulu yang suaranya menjadi besar karena bergema di dalam sarang kelinci.
Kelinci kaget mendengar jawaban itu. “Jika ia bisa menjatuhkan badak dan menghancurkan gajah, aku pasti dengan mudah dibunuhnya,” pikir kelinci.
Ia pergi dan kembali sambil mengajak serigala. “Siapa itu di dalam sarang kelinci?” tanya serigala.
“Ini aku. Aku yang bisa menjatuhkan badak dan menghancurkan gajah,” kata ulat bulu. Serigala pun ketakutan seperti kelinci.
Lalu, kelinci mengajak badak. “Siapa itu di dalam sarang kelinci?” tanya badak.
“Ini aku. Aku yang bisa menjatuhkan badak dan menghancurkan gajah,” kata ulat bulu. Badak ketakutan mendengar jawaban itu.
Lama-lama, semua binatang berkumpul di depan sarang kelinci. Mereka semua ketakutan. Lalu katak maju ke depan dan bertanya, “Siapa itu di dalam sarang kelinci?”
“Ini aku. Aku yang bisa menjatuhkan badak dan menghancurkan gajah,” kata ulat bulu.
“Sedangkan, aku adalah binatang yang terkuat di hutan. Aku bisa dengan mudah mengalahkan makhluk yang bisa menjatuhkan badak dan menghancurkan gajah,” balas katak.
Ulat bulu ketakutan dan menjawab, “Aku hanya seekor ulat bulu kok, hehehe.” Ulat bulu pun keluar dari sarang kelinci sambil tersipu malu.
Semua binatang di situ kesal sekaligus geli melihat tingkah ulat bulu. Tidak ada yang menyangka bahwa yang di dalam sarang kelinci adalah ulat bulu. Sebab, suaranya menjadi besar karena bergema di dalam lubang.
33. Simpulan kutipan cerita di atas adalah . . . .
     A. Ulat bulu masuk ke sarang lubang kelinci.
     B. Kelinci kaget mendengar jawaban ulat bulu.
     C. Semua binatang berkumpul dan ketakutan di depan sarang kelinci.
     D. Semua binatang kesal dan geli melihat tingkah laku ulat bulu.
Soal selanjutnya . . . . 
Baca juga kisi-kisi dan soal US SD/MI tahun 2016 

No comments: